BREAKING :

Komitmen Transformasi Mutu Layanan, Dirum BPJS Kesehatan Resmikan Pembangunan Kantor Cabang Gunungsitoli

Peletakan batu pertama pembangunan kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli | Foto : Jamkesnews

Gunungsitoli - Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal meresmikan pembangunan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli (13/08). Bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gunungsitoli dan pejabat perangkat daerah di wilayah Kota Gunungsitoli, ia melakukan seremoni peletakan batu pertama di lokasi pembangunan, Jalan Yos Sudarso, Ombolata Ulu, Kota Gunungsitoli.

Afdal mengungkapkan, pembangunan kantor yang dilakukan merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN dalam upaya meningkatkan kualitas layanan seputar penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kepulauan Nias. 

"Setelah sebelumnya Kantor Cabang Gresik, Kantor Kota Binjai, setelah ini Kantor Cabang Gorontalo. Pembangunan ini merepresentasikan bahwa BPJS Kesehatan serius menghadirkan kemudahan akses layanan bagi masyarakat, di samping itu kepastikan akses layanan JKN dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal," ungkap Afdal.

Pelaksanaan pembangunan kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli sendiri terhitung mulai 16 Mei 2024 sampai dengan 11 Maret 2025. Bertindak sebagai Kontraktor Pelaksana, PT Karya Dua Sekawan, Manajemen Konstruksi (Pengawas) PT Rekacipta Kreasindo, dan Konsultan Perencana PT Cemara Muto Semesta.

Ia mengharapkan proyek pembangunan dapat terlaksana sesuai dengan target. Hal ini penting diwujudkan guna mendorong upaya percepatan implementasi transformasi mutu layanan dalam pelaksanaan program JKN. 

"Pembangunan ditargetkan selesai pada Maret 2025, tentu kami berharap tidak ada kendala dan berjalan sesuai dengan rencana," harap Afdal

Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli yang sedang dibangun memiliki luas tanah 1.378 meter persegi. Adapun luas bangunan nantinya adalah 1.442,54 meter persegi dengan bangunan terdiri dari 2 massa bangunan, yaitu bangunan kantor (2,5 lantai) dan bangunan penunjang (pos satpam, ruang genset, ruang pompa, dan mushola).

Pada kesempatan tersebut, Afdal juga mengapresiasi dukungan pemerintah daerah di Kepulauan Nias khususnya kota Gunungsitoli yang cakupan kepesertaan JKN penduduk di wilayahnya sudah menyandang predikat Universal Health Coverage (UHC).

Pada 2024 ini, kepesertaan JKN yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024 sedikitnya sebesar 98 persen dari total populasi. Hingga berita ini diterbitkan, persentase cakupan akses layanan program JKN di seluruh Indonesia telah mencapai angka tersebut, dengan lebih 207,6 juta penduduk yang sudah terdaftar sebagai peserta program JKN.

“Wilayah se-kepulauan Nias, jumlah penduduk terdaftar telah mencapai 93,66 persen, sedikit lagi menuju UHC. Namun untuk kota Gunungsitoli sudah UHC lebih dari 98 persen,” ujarnya

Sementara itu, Sekda Gunungsitoli, Oimonaha Waruwu yang hadir mewakili Wali Kota Gunungsitoli menaruh harapan agar hadirnya bangunan kantor BPJS Kesehatan yang baru menghadirkan dampak positif dalam pelaksanaan program JKN.

Ia juga mengungkapkan bahwa hadirnya program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan sudah sangat banyak membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan dan juga melindungi masyarakat dari tingginya biaya medis yang seharusnya dibayarkan.

“Dengan adanya kantor baru BPJS Kesehatan cabang Gunungsitoli ini, diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih mudah, optimal, nyaman dan cepat kepada masyarakat,” ungkap Oimonaha.

Ia menambahkan gedung 2,5 lantai yang dibangun merepresentasikan bahwa pembangunan di kota Gunungsitoli semakin berkembang dan maju. 

"Bahkan, mungkin kedepannya sudah bisa beroperasi sebagai Kantor Cabang Provinsi Kepulauan Nias", tambah OimonahaIa turut berpesan kepada semua pihak mendukung pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai target. Sehingga percepatan peningkatan mutu layanan program JKN yang optimal dapat terwujud.

“Kami menghimbau dan mengajak semua pihak, terlebih-lebih kepada Camat Gunungsitoli, kepala desa, kepala dusun dan masyarakat turut serta mendukung pembangunan Kantor cabang BPJS di Kota Gunungsitoli, mari kita doakan bersama, agar pembangunannya dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu,” pesannya. (rilis/HZ).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close