BREAKING :

Danlanal dan Wabup Nias Selatan Berkunjung ke Rumah Orangtua Casis Dikmaba TNI AL yang Tewas di Padang

Danlanal Nias dan Wabup Nias Selatan bertemu keluarga duka | Foto : istimewa

Nias Selatan (update) - Komandan Lanal Nias bersama Wakil Bupati Nias Selatan berkunjung untuk bersilaturahmi ke Keluarga orangtua calon siswa dikmaba TNI AL yang tewas dibunuh di padang. Senin (01/04/2024).

Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah menyampaikan rasa turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada orang tua korban Iwan Sutrisman Telaumbanua di Desa Lahusa Idanotae, Kecamatan Idanotae, Kabupaten Nias Selatan.

"Turut berduka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya Iwan Sutrisman Telambanua yang diakibatkan oleh oknum TNI AL," ucap Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, bersama Wakil Bupati Firman Giawa.

Danlanal juga menyampaikan sesaat setelah menerima laporan dari orangtua korban, maka pihaknya langsung memerintahkan Dandenpom lanal Nias untuk menahan dan meproses oknum TNI AL yang telah melakukan tindak pidana hingga menewaskan Iwan Sutrisman Telaumbanua pada tahun 2022 yang lalu itu.

"Setelah saya mendengar kejadian ini saya langsung memerintahkan Dandenpom Lanal Nias untuk memproses dan menahan tersangka untuk di proses dan dilaksanakan penyelidikan siapa saja yang terlibat dalam hal tersebut. Untuk masalah proses hukum kepada tersangka kami akan memberikan hukum yang seberat-beratnya dan akan kami kawal sampai tuntas," tegas Wishnu Ardiansyah.

Sementara untuk jenazah nantinya, Danlanal Nias berjanji kepada keluarga akan memfasilitasi segala akomodasi pemulangan jenazah di kampung kelahirannya untuk dimakamkan.

"Untuk masalah jenazah kami telah memerintahkan anggota untuk mendampingi keluarga melaksanakan indentifikasi terhadap jenazah, dan kami akan menfasilitasi dan segala bentuk akomodasi kami siapkan, agar jenazah dapat di kembalikan ke Gomo tempat dimana korban dilahirkan," tandas Danlanal.

Dihadapan keluarga korban, Danlanal Nias mengungkapkan akan terbuka dalam penanganan kasus ini, tidak ada yang ditutupi bahkan pihaknya pun telah melaksanakan Konferensi Pers kepada media tentang kejadian tersebut untuk diketahui publik.

Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa juga menyampaikan untuk seluruh keluarga besar Iwan Sutrisman agar bersabar dan tabah menghadapi peristiwa ini.

"Secara manusiawi kita mungkin tidak terima dan sangat terpukul. Oleh sebab itu mari kita bersabar dan menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada pihak TNI AL untuk mengusut tuntas dan memberikan hukuman yang berat dan setimpal kepada pelaku," tutur Firman Giawa.

Sementara dari pihak keluarga korban, Ama Memo Telambanua merupakan Paman dari Korban juga menyampaikan rasa yang sangat terpukul dan tidak terima dengan kejadian meninggalnya Iwan Sutrisman Telaumbanua yang di akibatkan oleh oknum TNI AL. 

"Harapan kami kepada Komandan Lanal Nias agar mengusut tuntas dan Harapan keluarga KTP, HP, ATM dan perlengkapan Almarhum kalau masih ada agar dikembalikan dan di hukum mati, jangan hanya seberat-beratnya. Kemudian agar mayat anak kami bisa segara di temukan dan dapat dibawa ke Pulau Nias. Harapan besar kami kedepan agar memberikan atensi kepada keluarga kami untuk mendapat peluang, nantinya untuk dapat menjadi TNI AL, sebagai pengobat rasa sakit hati kami atas meninggalnya anak kami Iwan Sutrisman Telambanua," harap Ama Memo Telaumbanua. 

Diberitakan sebelumnya, Akomodasi Keluarga dan Pemulangan Jenazah Calon Dikmaba TNI AL dari Padang Difasilitasi Danlanal Nias. (rilis/ Haogo Zega).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close