BREAKING :

Camat Badiri dan Ketua TP-PKK AJak Pasangan Usia Muda Cegah Kanker Leher Rahim

Sosialisasi Layanan Kesehatan Masyarakat Cara pencegahan dan deteksi diniKanker Leher Rahim melalui IVA Test | Foto : istimewa

Tapteng - Camat Badiri, Ahmad Saufi Pasaribu, S.Kom, MM bersama dengan Ketua TP-PKK Kecamatan Badiri, Ny. Lispi Ahmad Saufi Pasaribu beserta jajaran pemerintahan Kecamatan Badiri melakukan Sosialisasi Layanan Kesehatan Masyarakat Cara pencegahan dan deteksi diniKanker Leher Rahim melalui IVA Test di Kantor Camat Badiri. Rabu (20/03/2014).

Sebagai Pimpinan, Camat Badiri Kabupaten Tapteng bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Badiri mengajak seluruh elemen Masyarakat khususnya bagi Perempuan Produktif usia 30–50 tahun agar melalukan pemeriksaan kesehatan melalui metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

Dengan tujuan atau Guna mendeteksi sedini mungkin timbulnya Kanker Serviks bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual dengan tujuan menemukan Lesi Prakanker dan mengetahui adanya perubahan sel kanker rahim.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kec. Badiri, Kami menghimbau kepada masyarakat khususnya wanita berusia 30-50 tahun dan atau yang sudah melakukan hubungan seksual agar melakukan pemeriksaan kesehatannya ke UPTD Puskesmas Hutabalang, Puskesmas Pembantu Wilayah Kec. Badiri, Kantor Desa atau Kelurahan di Kec. Badiri. Pemeriksaan Gratis tidak dipungut biaya apapun, cukup membawa KTP dan KIS atau Kartu BPJS,” papar Camat.

Menurut Ketua TP – PKK Kec. Badiri, Ny. Lispi Ahmad Saudi Pasaribu, deteksi dini Kanker Serviks sangat penting bagi perempuan yang sudah menikah sebab wanita usia 30 – 50 tahun sangat rentan terhadap Kanker Serviks. Dibutuhkan kesadaran masyarakat agar mau datang ke Faskes – faskes yang sudah ditentukan di wilayah Kecamatan Badiri.

“Kami bersama Tim TP – PKK Kecamatan Badiri, Tenaga Medis bersama jajaran Pemerintahan Kecamatan Badiri senantiasa menghimbau masyarakat khususnya perempuan yang telah menikah agar datang ke Puskesmas atau Faskes yang sudah ditentukan untuk menjalani IVA Test. Masyarakat akan dilayani setiap jam kerja dari Pukul 08.00 – 12.00 WIB dan tidak dipungut biaya apapun namun bagi peserta BPJS Luar Puskesmas Hutabalang (Peserta Umum) testnya tetap gratis,” ujar Ketua TP – PKK.

Melalui Program Layanan Kesehatan ini diharapkan Kecamatan badiri bebas Kanker Serviks dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya perempuan produktif lebih baik dan lebih optimal lagi ke depan khusunya di Wilayah kecamatan Badiri, Kabupaten Tapteng. (Yasiduhu Mendrofa).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close