BREAKING :

Diklat Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) Mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 2 Tahun 2023 Universitas Negeri Malang

 Pelaksanaan zoom Wawasan Kebhinekaan Global (WKG)

Kebhinekaan Global merupakan tindakan menghormati keberagaman, mampu untuk saling toleransi, saling menghargai terhadap perbedaan yang ada di lingkungannya. Kebhinekaan global dapat diwujudkan dengan menciptakan perdamaian dan keharmonisan di lingkungan sekitar.

Diklat Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) yang di selenggarakan oleh Universitas Negeri Malang, diikuti oleh 28 mahasiswa PPG Daljab Angkatan II Kategori 1 Tahun 2023 Prodi Biologi. Kegiatan dilaksanakan tanggal 5 November 2023 dimulai pukul 07.00 s/d 16.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan mengerjakan soal pre-test berupa soal pilihan ganda sebanyak 11 butir soal, yang menggambarkan tentang pentingnya saling bertoleransi antar sesama dan kebhinekaan global.

Tujuan dilaksanakannya Diklat Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa dengan memperkuat nilai-nilai keberagaman, menekankan pentingnya nilai hak asasi manusia, saling menghormati terhadap kebhinekaan dengan mempraktikkan nilai toleransi dan mengadakan kampanye stop-bullying di lingkungan sekolah.

Kegiatan Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) diikuti secara daring melalui tautan G-meet. Materi Diklat membahas 5 (lima) topik yang disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. dan Deny Setiawan, S.Pd.,M.Pd. sebagai berikut;

  1. Dunia yang berwarna
  2. Negeri penuh harmoni
  3. Damai mulai dari diri
  4. Sekolahku yang bhineka
  5. Sekolahku yang damai

Kegiatan Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) ini, menjelaskan masyarakat Indonesia terdiri atas budaya, suku, ras dan golongan yang beranekaragam. Perbedaan keanekaragaman ini menjadikan ciri khas dan kekayaan budaya bagi bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Dalam kegiatan Diklat Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) peserta diminta bermain peran sambil berdiskusi menyelesaikan permasalahan wawasan kebhinekaan global, materi dan kegiatan refleksi. Untuk mengukur pemahaman peserta dalam mengikuti kegiatan Diklat ini, diakhiri dengan mengerjakan soal-soal post-test berupa soal pilihan ganda sebanyak 11 butir soal. Setelah mengikuti Diklat Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) ini, diharapkan peserta dapat memahami makna saling bertoleransi antar sesama, mengembangkan wawasan kebhinekaan global disekolah dan masyarakat.

Penulis : Mahasiswa Kategori 1 Angkatan 2 Tahun 2023 Prodi Biologi Universitas Negeri Malang

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close