BREAKING :

PT Pertamina Patra Niaga Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Asap di Simanaere Gunungsitoli

Pelatihan pengolahan ikan asap | Foto: Haogo Zega

Gunungsitoli - Pelatihan pengolahan ikan asap hasil tangkapan nelayan digelar oleh PT Pertamina Patra Niaga di Desa Simanaere Kota Gunungsitoli. Sabtu (14/10/2023).

Pelatihan pengolahan ikan hasil tangkapan nelayan ini merupakan lanjutan bantuan program CSR yang telah dimulai pekan lalu. Untuk pelatihan kali ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 13-14 Oktober 2023 di LTC Holianaa. 

Pada pelatihan pengolahan ikan hasil tangkapan ini narasumber atau instruktur, Teresia menyampaikan bahwa semua usaha dilakukan dengan ikhlas karena itu melebihi rasa bumbu yang luar biasa.

"Apapun menu yang kita buatkan harus dilakukan dengan ikhlas, karena dengan itu melebihi rasa bumbu. Ikan asap yang bagus adalah ikan segar yang baru dtangkap oleh nelayan, kalau jenis ikan tidak dibatasi, semua jenis ikan bisa diasapi," kata Teresia kepada seluruh peserta yang hadir.

Untuk pengolahan ikan asap tersebut menurut Teresia harus dibutuhkan kratifitas, sehingga produk yang diolah dapat ternilai bagus kepada konsumen.

Proses pengolahan ikan asap | Foto: Haogo Zega

"Kreatifitas dibutuhkan, seperti kemasan dan harga jual harus disesuaikan dengan kondisi di tempat kita berada, misalnya perlu kita bedakan harga ditoko dengan harga terhadap konsumen pendatang," ungkapnya.

Instruktur, Teresia yang merupakan juga sebagai pelaku UMKM di Kota Gunungsitoli memaparkan tahapan-tahapan pengolahan ikan asap kepada seluruh peserta. Praktek proses pengasapan juga langsung dilaksanakan.

Daging ikan setelah diasapi | Foto: Haogo Zega

Founder Yayasan Terang Nias Ehowu, Yafaowoloo Gea kepada seluruh peserta pelatihan pengolahan ikan hasil tangkapan nelayan tersebut mengatakan saat ini pengusaha wajib memperhatikan potensi pasar.

"Kebanyakan pengusaha sekarang memikirkan bagaimana cara pemasaran, sebenarnya penjualan sekarang dapat dilakukan melalui sarana media sosial saat ini. Hanya saja rata-rata tidak fokus dalam satu usaha sehingga para pengusaha tidak dapat mereview kegagalannya, setelah pengolahan ikan asap ini nantinya mari kita mulai dari awal, mari kita manfaatkan peluang yang ada ini," kata Yafaowoloo Gea. 

Diberitakan sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga Beri Bantuan CSR ke Desa Simanaere dan Humene di Gunungsitoli. (Haogo Zega).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close