BREAKING :

Komunitas NIAS dan Pemko Gunungsitoli gelar Aksi Clean Up di Gua Togindrawa

Clean Up di Gua Togindrawa

Gunungsitoli - Komunitas Nias Indah Bebas Sampah (NIAS) kembali melaksanakan kegiatan Clean Up/ Aksi Bersih Sampah di Gua Togindrawa, Desa Lelewönu Niko'otanö, Kecamatan Gunungsitoli. Sabtu (29/04/2023).

Bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Gunungsitoli, Pemerintah Kecamatan Gunungsitoli dan Pemerintahan Desa Lelewönu Nikootanö didukung oleh masyarakat sekitar, Komunitas NIAS melakukan aksi pembersihan di Gua yang terkenal sebagai Gua tertua yang memiliki nilai sejarah yang menurut penelitian para arkeolog pernah dihuni 12,000 tahun yang lalu.

Kegiatan clean up diawali dengan napak tilas yang diikuti oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli beserta tim NIAS menyusuri jalan setapak dengan tangga berbatu sepanjang 865 meter menuju Gua yang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kota Gunungsitoli ini.

Jalan setapak dengan batu bersusun ini merupakan salah satu rute yang bagus bagi pecinta olahraga hiking karena selain beberapa spot yang memiliki kemiringan 45°, juga suasana alam yang masih asri di kiri-kanan jalan yang bisa dijadikan tempat healing.

Mei Kristiani Nduru sebagai Ketua NIAS menyampaikan bahwa kegiatan Clean Up ini sebagai wujud dukungan dalam menjadikan Pulau Nias yang Indah dan bebas sampah, serta sangat mengapresiasi partisiapasi aktif dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli yang selalu mendukung dan menurunkan tim dalam setiap kegiatan Clean Up, juga dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemerintah Kecamatan dan Desa serta masyarakat yang telah mengambil bagian dalam aksi ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, Arianto Zega menyatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup mendukung penuh kegiatan Clean Up ini dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sehingga akan selalu siap membawa tim dalam setiap aksi.

Sonitehe Harefa sebagai PJ Kepala Desa Lelewönu Nikootanö, menyambut baik kegiatan Clean Up ini dan mengucapkan terimakasih kepada Komunitas NIAS yang telah menggerakan aksi bersih sampah ini. Sembari menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan ada pemasangan penerangan lampu di sekitat Gua Togindrawa untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Sekcam Gunungsitoli, Reka Gulo juga menyampaikan dukungan dari Pihak Kecamatan Gunungsitoli atas aksi ini dan akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintahan Desa untuk kegiatan yang berkelanjutan.

Kegiatan Clean Up kali ini meliputi pembersihan rumput dan sampah yang berada di sekitar Gua bersama petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup, tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli, tim Kantor Camat Gunungsitoli, serta Jajaran Pemerintah dan Perangkat Desa Lelewönu Nikootanö dan masyarakat sekitar yang turut mengambil bagian. (rilis/ Haogo Zega).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close