BREAKING :

Kadis Parbudpora Nias Barat Resmi Buka Festival Budaya di Puncak Harmoni Somomo

Nias Barat - Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan olahraga, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, Membuka Festival Budaya di Puncak Harmoni Somomo di Desa Lologolu yang di Ikuti Berbagai perlombaan Budaya adat dilingkup Kabupaten Nias Barat. Pada hari Jumat 14 April 2023.

April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si mengatakan Pasal 29 ayat 3 huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pariwisata Nasional bahwa strategi untuk pengembangan potensi, kapasitas dan partisipasi masyarakat dilaksanakan dengan memberdayakan potensi dan kapasitas masyarakat lokal dalam pengembangan Kepariwisataan dan salah satu pengembangan potensi sumber daya lokal melalui Desa Wisata.

"Pengembangan Pariwisata melalui Desa Wisata menjadi satu upaya yang strategis dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan daerah, dengan menjadi wadah lahirnya UMKM dan komunitas ekonomi masyarakat desa yang inovatif dan unik," tutur Imelda.

Pemerintah Kabupaten Nias Barat turut serta dalam pengembangan potensi lokal  sebagaimana yang diamanatkan. Pada tanggal 12 Agustus 2022 telah dilaksanakan kegiatan Launching Desa Wisata berlokasi di Puncak Harmoni Somomo Desa Lologolu yang menetapkan 16 desa potensial menjadi desa wisata. Dan saat ini, Kabupaten Nias Barat memiliki berjumlah 16 Desa Wisata, yang termasuk klasifikasi Desa Wisata Rintisan.

"Bapak Ibu dan hadirin seluruh masyarakat Desa Lologolu yang berbahagia, Perlu kami sampaikan bahwa diantara 16 Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat, Desa Lologolu merupakan satu yang pilot project atau percontohan pengembangan Desa Wisata," jelasnya.

Terbukti melalui Pemilihan Desa Wisata Terbaik Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 yang menghadirkan juri dari lintas sektor, Desa Lologolu keluar sebagai Desa Wisata Terbaik dengan Puncak Harmoni Somomo sebagai daya tarik utama.

"Pemerintah Kabupaten Nias Barat menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Lologolu dan jajaranya terlebih khususnya kepada seluruh pihak terkait dalam pengembangan dan pengelolaan Desa Wisata Lologolu ini, yang telah menunjukkan semangat dan kreativitas untuk mengembangkan potensi lokal desa," kata Imelda.

Bahkan Pemerintah Desa Lologolu berhasil melaksanakan suatu kegiatan yang mendorong bangkitnya pengembangan Desa Wisata, yaitu kegiatan Festival Budaya ini yang di ikuti 9 sembilan sekolah di wilayah kabupaten Nias Barat yang di laksanakan Mulai 14 April sampai 16 April 2023.

"Desa Lologolu ini bisa sampai pada titik ini karena adanya kesatuan hati masyarakat melalui semangat gotong royong dari seluruh masyarakat Desa Lologolu. Bapak Ibu yang berbahagia, berada di titik ini merupakan langkah awal bagi kita semua, untuk itu diharapkan kepada Pemerintah Desa Lologolu untuk tetap mempertahankan semangat dan kesatuan jika dibarengi dengan pembenahan dan peningkatan daya tarik, maka mampu bergerak maju menjadi Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju bahkan Desa Wisata Mandiri," sambungnya.

Diharapkan kepada pengelola Puncak Harmoni Somomo dan seluruh masyarakat untuk tetap mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional, menjaga keberlanjutan potensi lingkungan serta meningkatkan keterbukaan masyarakat dalam menerima perkembangan tren pariwisata yang berpadanan dengan karakter budi luhur.

Beberapa catatan yang perlu disampaikan sebagai pembenahan kepada Pemerintahan Desa Lologolu, dalam hal ini Pengelola BUMDes atau POKDARWIS, yakni Penyediaan kuliner, souvenir, akomodasi dan daya tarik tambahan lainnya untuk meningkatkan kunjungan dan lama tinggalnya wisatawan serta memberikan jaminan keamanan dan ketertiban bagi pengunjung.

Dengan kebersamaan serta semangat gotong royong yang dimiliki oleh masyarakat Desa Lologolu dalam mengelola Puncak Harmoni Somomo, kita yakin bahwa masyarakat Desa Lologolu juga akan menikmati bagaimana perputaran transaksi ekonomi para wisatawan bisa menjadi sumber pendapatan yang berjangka panjang.

Momentum pengembangan kepariwisataan berbasis desa ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pengembangan
daya tarik wisata berkarakter khas dan lokal desa, demi peningkatan ekonomi dan daya saing daerah.

"Maka hari ini, dengan semangat bangkit bersama dan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan Festival Budaya Hari Ulang Tahun Ke-2 sekaligus Launching Tiket Masuk Puncak Harmoni Somomo dengan ini kami nyatakan Resmi Dibuka," ucap Imelda Hia. (Mil Daeli).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close