BREAKING :

Komunitas Nias Indah Bebas Sampah dan Dinas Lingkungan Hidup Gelar Aksi Clean Up di Laowomaru

Aksi Clean Up di Laowomaru

Gunungsitoli - Komunitas Nias Indah Bebas Sampah (NIAS) dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli bersama Pemerintah Desa Fodo melaksanakan kegiatan Clean Up/ Aksi Bersih Sampah di Daerah Laowomaru, Desa Fodo, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli. Sabtu (25/03/2023).

Laowomaru merupakan daerah pinggir laut yang menjadi perlintasan utama, dan yang pertama dilihat oleh wisatawan saat ke Pulau Nias sehingga menjadi representasi keindahan wajah Kota Gunungsitoli.

Ironisnya, tempat yang terkenal dengan legenda Laowomaru ini, seringkali menjadi tempat pembuangan sampah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga sampah yang berserakan dan aroma tidak sedap membuat setiap orang yang lewat menjadi kurang nyaman.

Hal ini yang menjadi alasan bagi Komunitas Nias Indah Bebas Sampah memilih Laowomaru sebagai lokasi Clean Up III kali ini.

"Pembuangan sampah dan bangkai yang tersebar di sekitar Laowomaru ini dilakukan oleh orang yang melintas mengingat sekitar area ini sepi sehingga orang-orang memaanfaatkan untuk membuang sampahnya," tutur Kepala Desa Fodo, Moris Harefa seraya berharap kiranya kegiatan Clean Up ini menjadi agenda rutin ke depannya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, Arianto Zega menyampaikan akan memasang spanduk larangan membuang sampah serta menurunkan tim kebersihan setiap bulannya, sekaligus menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah lagi di Laowomaru.

Yafaowoloo Gea selaku Pembina Komunitas NIAS berpesan kiranya melalui kampanye dan kegiatan Clean Up ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya semakin meningkat serta penggunaan sampah plastik menjadi berkurang. 

"Komunitas NIAS juga berterimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan tim kebersihan, Jajaran Pemerintah Kecamatan Gunungsitoli Selatan dan Desa Fodo serta Komunitas KPA Tunas dan IMPA yang telah mendukung dan ikut serta pada kegiatan Clean Up ini," ucap Yafaowoloo Gea.

Terdapat kurang lebih 500 kilogrom sampah yang berhasil dikumpulkan pada kegiatan Clean Up III ini di lokasi Laowomaru.

Pada kegiatan ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli membawa tenaga kebersihan dan kendaraan pengangkut sampah untuk mendukung kegiatan clean up. Turut hadir Camat Gunungsitoli Selatan dan Kepala Desa Fodo beserta perangkat Desa, serta Komunitas IMPA dan KPA Tunas. (Rilis/ Haogo Zega).

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close